Langsung ke konten utama

LAPORAN SISTEM INFORMASI PLATFORM JUAL REVIEW GADGET

LAPORAN

SISTEM INFORMASI

PLATFORM JUAL REVIEW GADGET


 

Disusun oleh:

                        1.     KUKUH BIYANTAMA         (A11.2019.12208)

                        2.     MUHAMMAD RIDHO A                   (A11.2019.12211) 

                        3.     RAKA APRITAMA K.                           (A11.2019.12185)

                        4.     MOHAMMAD IRFAN NUGRAHA           (A11.2019.12172)  


  

UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

OKTOBER 2021

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA




Kata Pengantar


Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini . Terima kasih kami ucapkan kepada dosen pengampu mata kuliah Sistem Informasi.

 Kami menyadari bahwa laporan ini masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari para pembaca sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah kami.

 

Semarang, 25 Oktober 2021





DAFTAR ISI

BAB.1PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG …………………………………………………………………………………………………….

1.2 RUMUSAN MASALAH …………………………………………………………………………………………………….

1.3 TUJUAN …………………………………………………………………………………………………….

1.4 MANFAAT …………………………………………………………………………………………………….

BAB.2LANDASAN TEORI

2.1 WEBSITE …………………………………………………………………………………………………….

2.2 GADGET …………………………………………………………………………………………………….

2.3 CUSTOMER …………………………………………………………………………………………………….

2.4 REVIEW …………………………………………………………………………………………………….

2.5 SPESIFIKASI …………………………………………………………………………………………………….

BAB.3METODE PERANCANGAN SISTEM

3.1 MODEL …………………………………………………………………………………………………….

3.2 PERANCANGAN …………………………………………………………………………………………………….

3.3 DIAGRAM …………………………………………………………………………………………………….

3.4 PLANNING …………………………………………………………………………………………………….

BAB.4HASIL

4.1 DESKRIPSI …………………………………………………………………………………………………….

4.2 HOME …………………………………………………………………………………………………….

4.3 RECOMMENDATION …………………………………………………………………………………………………….

4.4 REVIEW …………………………………………………………………………………………………….

4.5 TIPS & TRIK …………………………………………………………………………………………………….

BAB.5 kesimpulan

5.1 KESIMPULAN …………………………………………………………………………………………………….



 

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pada masa saat ini gadget merupakan kebutuhan manusia yang penting. Banyak kegiatan manusia saat ini dilakukan dengan menggunakan gadget. Dengan bantuan gadget dapat lebih meringankan dan membuat pekerjaan manusia lebih efektif, karena pekerjaan dapat dilakukan kapan saja dan dimanapun. Tak hanya itu, seiring berjalannya waktu perkembangan gadget terasa begitu pesat. Dari yang awal nya yang memiliki desain dan bentuk yang begitu besar dan membosankan, sekarang menjadi lebih komplek dan simple serta lebih modern. Dari perkembangan tersebut akhirnya menimbulkan kebingungan bagi para pemilik gadget.

Para pemilik gadget khususnya remaja pasti merasa kebingungan untuk membeli dan memilih gadget idealnya akibat perkembangan gadget yang terjadi secara terus- menerus, ditambah lagi banyaknya tipe dan model untuk gadget modern saat ini. Pemilik gadget juga harus melakukan kalkulasi terhadap budget yang ia punya untuk memiliki gadget dengan spesifikasi yang diinginkan. Misalnya, seorang remaja ingin membeli laptop dengan spesifikasi gaming dengan harga miring. Namun,  karena rata-rata harga laptop gaming mahal remaja tersebut mencari laptop yang diinginkannya. Oleh sebab itu, dengan munculnya permasalah tersebut, kami membuat suatu penyelesaian berupa sebuah web review gadget. Web ini berisi mengenai review serta ulasan sebuah gadget secara lengkap dan mendetail, mulai dari kekurangan, kelebihan, spesifikasi, hingga harga dari berbagai produk dan merek. Selain itu, harapannya web ini dapat membantu customer untuk memilih gadget yang ideal bagi dirinya,

1.2 Rumusan Masalah

  • Kurangnya pengetahuan customer mengenai informasi gadget yang diinginkan

  • Kurangnya pengetahuan customer tentang memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhannya

  • Kurangnya pengetahuan customer mengenai cara merawat gadget dengan baik dan benar



1.3 Tujuan 

  • Memberikan informasi seputar gadget kepada customer

  • Memberikan rekomendasi gadget kepada customer sesuai dengan kebutuhannya

  • Memberikan tips dan trik seputar gadget kepada customer

1.4 Manfaat

  • Agar customer paham tentang informasi gadget yang ingin dibeli

  • Agar customer paham dalam memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhannya

  • Agar customer bisa merawat gadget dengan baik dan benar




BAB II

LANDASAN TEORI


2.1 Website

Website adalah sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Website dapat dibuka dengan menuliskan URL atau alamat website di browser.


2.2 Gadget

Gadget adalah sebuah instrumen atau peranti yang mempunyai tujuan serta fungsi praktis dimana secara spesifik dirancang lebih canggih daripada dengan teknologi yang sudah diciptakan sebelumnya.


2.3 Customer

Customer atau pelanggan adalah organisasi atau orang yang membeli suatu produk barang atau jasa dari suatu toko maupun bisnis tertentu


2.4 Review

Review adalah ulasan dari sebuah objek seperti produk dimana dapat memberikan informasi yang jelas sesuai dengan fakta-fakta dan analisis pada sebuah produk, baik kelebihan hingga kekurangannya sehingga pembaca atau yang melihat bisa memiliki gambaran penuh atas produk tersebut.


2.5 Spesifikasi

Spesifikasi adalah perincian teknis atau karakteristik umum yang dimiliki oleh sebuah perangkat. Dalam hal ini terkait mobile phone atau handphone atau smartphone, Perincian ini termasuk berbagai komponen internal yang terintegrasi dan fitur dari perangkat tersebut.






BAB.III

METODE PERANCANGAN SISTEM

3.1 MODEL

Model Waterfall

            karena model ini merupakan model proses yang paling umum digunakan dan pemodelan ini terdiri dari : proses perencanaan, pemodelan, konstruksi dan penggelaran serta dukungan berlanjut setelah software telah lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan di awal pembangunannya. 


3.2 PERANCANGAN 







3.3 DIAGRAM

3.4 PLANNING

tugas-tugas teknis yang akan dilakukan:

- UI UX

-front end

-back end

-manage databases

         -admin

 

resiko-resiko yang dapat terjadi:

-keamanan kemungkinan dapat tersebar data penting

-desain yang kurang disukai

-penipuan

-koneksi jaringan

-harus siap bersaing dengan e commerce yang lain

BAB IV

HASIL


4.1 Deskripsi

Deskripsi website merupakan penjelasan secara terperinci dari tiap-tiap halaman yang telah dibuat pada situs web review gadget. Website ini dibuat dengan beberapa tools diantaranya :

  • Bahasa Pemrograman : PHP

  • Framework : Bootstrap, CodeIgniter

  • Code Editor : Visual Studio Code

  • Web Server : XAMPP

  • Tools pendukung lainnya : Github

Dan untuk halaman web untuk pengunjung pada situs web review gadget ini meliputi : 

  • Home

  • Recommendation

  • Review

  • Tips & Trik










4.2 Halaman Home

Halaman home merupakan halaman pertama yang diakses pada saat membuka website review gadget yang dimana website tersebut telah kami beri nama myGadget. Saat membuka halaman ini pengunjung akan dihadapkan langsung dengan berita terkini seputar gadget. Berikut adalah tampilan dari halaman home






4.2 Halaman Recommendation

Pada halaman recommendation terdapat 3 pilihan kategori gadget yang ditampilkan kepada customer website ini yang meliputi : 

  • Gadget Gaming

  • Gadget Bisnis

  • Gadget Konten Kreator

Masing-masing dari pilihan kategori tersebut akan merekomendasikan produk gadget yang sesuai oleh kebutuhan customer. Misalnya customer akan mencari gadget untuk kebutuhan konten kreator, maka customer klik button lihat pada card gadget gaming dan setelah itu akan tampil produk-produk yang cocok untuk gaming, dan lain sebagainya. Berikut adalah tampilan dari halaman recommendation




4.2 Halaman Review

pada halaman ini terdapat berbagai jenis produk dimana memudahkan konsumen dalam melihat secara detail suatu produk sebelum membeli, hal ini dapat diperhitungkan secara detail agar konsumen merasa nyaman dan tidak salah membeli produk 

salah satu review:

untuk produk diatas diambil dari jenis produk samsung, dalam jendela ini terdapat fitur button lihat produk



salah satunya dibawah ini:

pada jendela ini berisikan pop up sebagai review detail suatu produk agar konsumen lebih detail dan teliti

4.2 Halaman Tips & Trik

Berikut adalah tampilan dari navbar tips & trik, fitur tersebut sebagai sumber informasi digunakan untuk mempermudah dalam mencari informasi serta berisi langkah langkah yang berguna serta memudahkan seorang konsumen

BAB.V

KESIMPULAN

5.1 KESIMPULAN

Hasil kesimpulan dari proyek ini yaitu untuk  mengembangkan peluang usaha melalui promosi produk serta memudahkan konsumen dalam memilih suatu barang terutama dalam memilih gadget yang sesuai dengan  kebutuhan. Tak hanya itu, proyek ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing E-commerce serta membuat inovasi dalam bidang start up dan menumbuhkan motivasi dalam membangun bisnis online dengan mengikuti perkembangan zaman teknologi terbaru.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -10 Notasi Dialog

 Desain dan Notasi Dialog Apakah Dialog itu? Percakapan antara dua pihak atau lebih. Dialog juga dapat mengimplikasikan kerjasama atau sedikitnya keinginan untuk menyelesaikan konflik.  Pada perancangan user interface, dialog memiliki arti lebih spesifik yaitu struktur percakapan antara user dan sistem komputer.  Dialog adalah level sintaksis dari interaksi manusia dan komputer Notasi dialog dapat berupa Diagramatik, mudah dibaca Tekstual, mudah untuk dilakukan analisis formal. Dialog berkaitan dengan Semantik sistem, apa yang dilakukan oleh sistem Presentasi, bagaimana tampilan sistem Deskripsi formal dapat dianalisis terhadap Aksi yang tidak konsisten Aksi yang sulit dikembalikan Item yang hilang Kesalahan dalam memencet tombol Bahasa Komputer Leksikal , merupakan tingkat yang paling rendah : bentuk icon pada layar, tombol yang ditekan.  Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata. Sintaksis , urutan dan struktur dari input dan output. Pada b...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -8 pesan kesalahan

 Presentasi (pesan kesalahan) dan properti leksikal Pesan kesalahan Desain dialog tergantung dari presentasi dan tidak terikat pada detail presentasi dialog. Pembentukan pesan kesalahan atau peringatan, sangat penting dalam user interface, terutama untuk user pemula. Hal-hal yang perlu dihindari pada pembentukan pesan kesalahan : “Tekanan” (suara atau pesan) keras yang menyalahkan user Pesan terlalu  generik (contoh : WHAT?, SYNTAX ERROR) Pesan yang sulit dimengerti (contoh : FAC RJCT 004004400400) Contoh: SYNTAX ERROR (buruk) UNMATCHED LEFT PARENTHESIS (lebih baik) (Tidak sesuai dengan aturan penulisan) ILLEGAL ENTRY (buruk) TYPE FIRST LETTER : Send, Read, or Drop (lebih baik) (Ketikan huruf pertama : Send, Read or Drop) INVALID DATA (buruk) DAYS RANGE FROM 1 TO 31 (lebih baik) (Beri range data misal hari dari 1 – 31) BAD FILE NAME (buruk) FILES NAMES MUST  BEGIN WITH A LETTER (lebih baik) (Nama file harus mulai dari huruf) Buruk :  DISASTROUS STRING OVERFLOW, J...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -5 Ragam Dialog

  Ragam Dialog/Gaya Interaksi Aspek penting dalam dialog adalah gaya interaksi Interaksi merupakan dialog antara manusia dan komputer Ragam Dialog/Gaya Interaksi Command Line Interface Menu’s Natural Language Question/Answer and Query Dialogue Form-Fills and Spreadsheets WIMP Point and Click Three–Dimensional Interfaces Menu Tambahan  Cascading menu hirarkis struktur menu pilihan menu membuka menu baru Keyboard Akselerator kunci kombinasi - efek yang sama dengan menu item dua jenis aktif pada saat menu terbuka - biasanya huruf pertama aktif saat menu ditutup - biasanya Ctrl + huruf biasanya berbeda  Masalah Desain Menu  mana yang baik untuk digunakan apa yang harus disertakan dalam menu kata-kata untuk menggunakan (tindakan atau keterangan) bagaimana ke grup item pilihan keyboard akselerator