Langsung ke konten utama

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -4 Interaksi


 

Interaksi


Apa Itu Interaksi?

Komunikasi

user <==> system


Terminologi* Interaksi

Domain :
Area keahlian dan pengetahuan pada kegiatan dunia nyata
Goal :
Menginginkan hasil dari suatu task (tugas)
Task :
Merupakan operasi untuk memanipulasi muatan dari domain
Intention :
Aksi khusus untuk menemukan tujuan yang diinginkan

Task analysis :
Identifikasi ruang masalah yang berkaitan dengan domain, tujuan, tugas, dan maksud
System : 
aplikasi komputer
Task language :
Bahasa user, menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi pengguna
Core language :
Bahasa sistem yang menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi sistem

Kesalahan Manusia 


Tergelincir (slip)
memahami sistem dan tujuan 
benar perumusan tindakan
tindakan salah

Kesalahan (mistakes)
mungkin bahkan tidak punya tujuan benar!

Memperbaiki segala sesuatu?
slip - desain antarmuka yang lebih baik
kesalahan - pemahaman yang lebih baik sistem

Kerangka Kerja Interaksi

4 komponen kerangka kerja interaksi :
user
input
system
output

masing-masing memiliki bahasa yang unik interaksi  terjemahan di antara bahasa yang ada 

masalah dalam interaksi =  masalah dalam penerjemahan 

kerangka umum untuk memahami interaksi 

tidak terbatas pada sistem komputer elektronik 
mengidentifikasi semua komponen utama yang terlibat dalam interaksi 
memungkinkan sistem penilaian komparatif 
suatu abstraksi 

Ergonomi
Studi tentang karakteristik fisik dari interaksi yang mengarah kepada faktor kenyamanan kerja.

Memahami seluruh kondisi manusia, baik dari segi anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen, dan desain/perancangan.

Ergonomi baik menentukan standar dan pedoman untuk membatasi cara kita mendesain aspek tertentu dari sistem 

Contoh-contoh Ergonomi

pengaturan kontrol dan tampilan
contoh : kontrol dikelompokkan berdasarkan fungsi atau frekuensi penggunaan, atau secara berurutan

lingkungan sekitar 
Contoh : pengaturan tempat duduk beradaptasi untuk mengatasi semua ukuran pengguna 

masalah kesehatan
Contoh : posisi fisik, kondisi lingkungan (suhu, kelembaban), pencahayaan, kebisingan

penggunaan warna 
Contoh : penggunaan merah untuk peringatan, hijau untuk oke, kesadaran kebutaan warna, dll 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -10 Notasi Dialog

 Desain dan Notasi Dialog Apakah Dialog itu? Percakapan antara dua pihak atau lebih. Dialog juga dapat mengimplikasikan kerjasama atau sedikitnya keinginan untuk menyelesaikan konflik.  Pada perancangan user interface, dialog memiliki arti lebih spesifik yaitu struktur percakapan antara user dan sistem komputer.  Dialog adalah level sintaksis dari interaksi manusia dan komputer Notasi dialog dapat berupa Diagramatik, mudah dibaca Tekstual, mudah untuk dilakukan analisis formal. Dialog berkaitan dengan Semantik sistem, apa yang dilakukan oleh sistem Presentasi, bagaimana tampilan sistem Deskripsi formal dapat dianalisis terhadap Aksi yang tidak konsisten Aksi yang sulit dikembalikan Item yang hilang Kesalahan dalam memencet tombol Bahasa Komputer Leksikal , merupakan tingkat yang paling rendah : bentuk icon pada layar, tombol yang ditekan.  Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata. Sintaksis , urutan dan struktur dari input dan output. Pada b...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -8 pesan kesalahan

 Presentasi (pesan kesalahan) dan properti leksikal Pesan kesalahan Desain dialog tergantung dari presentasi dan tidak terikat pada detail presentasi dialog. Pembentukan pesan kesalahan atau peringatan, sangat penting dalam user interface, terutama untuk user pemula. Hal-hal yang perlu dihindari pada pembentukan pesan kesalahan : “Tekanan” (suara atau pesan) keras yang menyalahkan user Pesan terlalu  generik (contoh : WHAT?, SYNTAX ERROR) Pesan yang sulit dimengerti (contoh : FAC RJCT 004004400400) Contoh: SYNTAX ERROR (buruk) UNMATCHED LEFT PARENTHESIS (lebih baik) (Tidak sesuai dengan aturan penulisan) ILLEGAL ENTRY (buruk) TYPE FIRST LETTER : Send, Read, or Drop (lebih baik) (Ketikan huruf pertama : Send, Read or Drop) INVALID DATA (buruk) DAYS RANGE FROM 1 TO 31 (lebih baik) (Beri range data misal hari dari 1 – 31) BAD FILE NAME (buruk) FILES NAMES MUST  BEGIN WITH A LETTER (lebih baik) (Nama file harus mulai dari huruf) Buruk :  DISASTROUS STRING OVERFLOW, J...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -5 Ragam Dialog

  Ragam Dialog/Gaya Interaksi Aspek penting dalam dialog adalah gaya interaksi Interaksi merupakan dialog antara manusia dan komputer Ragam Dialog/Gaya Interaksi Command Line Interface Menu’s Natural Language Question/Answer and Query Dialogue Form-Fills and Spreadsheets WIMP Point and Click Three–Dimensional Interfaces Menu Tambahan  Cascading menu hirarkis struktur menu pilihan menu membuka menu baru Keyboard Akselerator kunci kombinasi - efek yang sama dengan menu item dua jenis aktif pada saat menu terbuka - biasanya huruf pertama aktif saat menu ditutup - biasanya Ctrl + huruf biasanya berbeda  Masalah Desain Menu  mana yang baik untuk digunakan apa yang harus disertakan dalam menu kata-kata untuk menggunakan (tindakan atau keterangan) bagaimana ke grup item pilihan keyboard akselerator