Langsung ke konten utama

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -11 Teknik evaluasi

 Teknik evaluasi
Mengapa evaluasi dibutuhkan ?
  • Desainer tidak dapat berasumsi bahwa orang lain seperti dirinya, dan mengikuti design guidlines menjamin bahwa karyanya pasti bagus.
  • Evaluasi dibutuhkan untuk memeriksa apakah user dapat menggunakan produk tersebut dan menyukainya.
  • Evaluasi kepuasan penggunaan terhadap sebuah produk dapat dilakukan menggunakan kuesioner dan atau interview.
Kapan evaluasi dilakukan ?

Evaluasi dapat dilakukan pada :
  1. Selama proses pembuatan produk tersebut supaya selalu sama dengan yang diminta atau dibutuhkan oleh user. Proses ini biasa disebut formative evaluations.
  2. Saat produk tersebut telah jadi yaitu melalui prototype.
  3. Saat produk dipasarkan, melalui update version.
  4. Evaluasi produk dapat dilakukan melalui riset pasar, baik melalui perorangan atau sekelompok user.
Tujuan Evaluasi

Ada 3 tujuan utama dari evaluasi
Melihat seberapa jauh sistem berfungsi
Melihat efek interface dari pengguna
Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada sistem.

Paradigma Evaluasi
  • “Quick and dirty” evaluatuion
  • Usability testing (pengujian usability)
  • Field studies (studi lapangan)
  • Predictive evaluation (evaluasi prediktif)
Contoh Evaluasi

Kriteria

Evaluator

Rata-rata

1

2

3

4

5

Layout

5

4

4

3

4

4

Kecepatan Akses

3

4

3

3

4

3.4

Prosedur Akses

4

4

5

3

4

4

Perpaduan Warna

4

4

2

4

2

3.2

Informasi Up To Date

5

4

3

4

4

4.2

Rata-rata



Secara keseluruhan pendapat para evaluator adalah netral karena nilai rata-rata=3.76


Kriteria yang paling bagus adalah Informasi UpToDate, sedangkan yang perlu mendapat perhatian adalah Perpaduan Warna.


3.76


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -10 Notasi Dialog

 Desain dan Notasi Dialog Apakah Dialog itu? Percakapan antara dua pihak atau lebih. Dialog juga dapat mengimplikasikan kerjasama atau sedikitnya keinginan untuk menyelesaikan konflik.  Pada perancangan user interface, dialog memiliki arti lebih spesifik yaitu struktur percakapan antara user dan sistem komputer.  Dialog adalah level sintaksis dari interaksi manusia dan komputer Notasi dialog dapat berupa Diagramatik, mudah dibaca Tekstual, mudah untuk dilakukan analisis formal. Dialog berkaitan dengan Semantik sistem, apa yang dilakukan oleh sistem Presentasi, bagaimana tampilan sistem Deskripsi formal dapat dianalisis terhadap Aksi yang tidak konsisten Aksi yang sulit dikembalikan Item yang hilang Kesalahan dalam memencet tombol Bahasa Komputer Leksikal , merupakan tingkat yang paling rendah : bentuk icon pada layar, tombol yang ditekan.  Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata. Sintaksis , urutan dan struktur dari input dan output. Pada b...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -8 pesan kesalahan

 Presentasi (pesan kesalahan) dan properti leksikal Pesan kesalahan Desain dialog tergantung dari presentasi dan tidak terikat pada detail presentasi dialog. Pembentukan pesan kesalahan atau peringatan, sangat penting dalam user interface, terutama untuk user pemula. Hal-hal yang perlu dihindari pada pembentukan pesan kesalahan : “Tekanan” (suara atau pesan) keras yang menyalahkan user Pesan terlalu  generik (contoh : WHAT?, SYNTAX ERROR) Pesan yang sulit dimengerti (contoh : FAC RJCT 004004400400) Contoh: SYNTAX ERROR (buruk) UNMATCHED LEFT PARENTHESIS (lebih baik) (Tidak sesuai dengan aturan penulisan) ILLEGAL ENTRY (buruk) TYPE FIRST LETTER : Send, Read, or Drop (lebih baik) (Ketikan huruf pertama : Send, Read or Drop) INVALID DATA (buruk) DAYS RANGE FROM 1 TO 31 (lebih baik) (Beri range data misal hari dari 1 – 31) BAD FILE NAME (buruk) FILES NAMES MUST  BEGIN WITH A LETTER (lebih baik) (Nama file harus mulai dari huruf) Buruk :  DISASTROUS STRING OVERFLOW, J...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -5 Ragam Dialog

  Ragam Dialog/Gaya Interaksi Aspek penting dalam dialog adalah gaya interaksi Interaksi merupakan dialog antara manusia dan komputer Ragam Dialog/Gaya Interaksi Command Line Interface Menu’s Natural Language Question/Answer and Query Dialogue Form-Fills and Spreadsheets WIMP Point and Click Three–Dimensional Interfaces Menu Tambahan  Cascading menu hirarkis struktur menu pilihan menu membuka menu baru Keyboard Akselerator kunci kombinasi - efek yang sama dengan menu item dua jenis aktif pada saat menu terbuka - biasanya huruf pertama aktif saat menu ditutup - biasanya Ctrl + huruf biasanya berbeda  Masalah Desain Menu  mana yang baik untuk digunakan apa yang harus disertakan dalam menu kata-kata untuk menggunakan (tindakan atau keterangan) bagaimana ke grup item pilihan keyboard akselerator