Langsung ke konten utama

EVALUASI WEB UDINUS


1.Kenapa www.dinus.ac.id juga perlu di evaluasi:

Penyelesaian:

Evaluasi dibutuhkan karena apakah user  dapat menyukai produk tersebut atau tidak dan apakah user dapat menggunkannya tidak.

 

Evaluasi web dinus meliputi:

·       Melihat seberapa jauh sistem berfungsi pada web dinus

·       Melihat efek interface dari pengguna web dinus

·       Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada sistem web dinus

 


 

2.Bagian yang harus di evaluasi pada web dinus adalah:

1.Kecepatan Web





 

 

 

Largest Contentful Paint (LCP):

mengukur kinerja pemuatan. Untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik, LCP harus muncul dalam 2,5 detik sejak halaman pertama kali mulai dimuat.

First Input Delay (FID)

mengukur interaktivitas. Untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik, halaman harus memiliki FID 100 milidetik atau kurang.

Cumulative Layout Shift (CLS)

mengukur stabilitas visual. Untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik, halaman harus mempertahankan CLS 0,1. atau kurang.

 

2.Homepage (Halaman Utama)



Tayangkan gambar dalam format generasi berikutnya

-Format gambar seperti JPEG 2000, JPEG XR, dan WebP biasanya memberikan kompresi yang lebih baik daripada PNG atau JPEG, sehingga download lebih cepat dan konsumsi data lebih kecil.

 

Kurangi waktu respons server awal

-Pertahankan waktu respons server untuk dokumen utama tetap singkat karena semua permintaan lain bergantung padanya.

 

Ubah ukuran gambar dengan tepat

-Menayangkan gambar yang berukuran sesuai untuk menghemat kuota dan meningkatkan waktu pemuatan.

 

Hilangkan resource yang memblokir render

-Resource memblokir first paint halaman. Sebaiknya kirim inline JS/CSS kritis dan tunda semua JS/gaya yang tidak kritis.

 

Enkode gambar secara efisien

-Gambar yang dioptimalkan dimuat lebih cepat dan menghabiskan lebih sedikit data seluler.

Aktifkan kompresi teks

-Resource berbasis teks harus ditayangkan dengan kompresi (gzip, deflate, atau brotli) untuk meminimalkan total byte jaringan.

Kurangi JavaScript yang tidak digunakan

 

-Mengurangi JavaScript yang tidak digunakan dan menunda pemuatan skrip sampai diperlukan untuk menurunkan byte yang digunakan oleh aktivitas jaringan.

 

 

 

3.diagnostik



 

Menghindari payload jaringan yang sangat besar :

Payload jaringan yang besar menimbulkan biaya yang tinggi bagi pengguna dan berkorelasi erat dengan waktu pemuatan yang lama.

Pastikan teks tetap terlihat selama pemuatan font web:

Memanfaatkan fitur CSS tampilan font untuk memastikan teks terlihat oleh pengguna saat font web sedang dimuat.


Tidak menggunakan pemroses pasif untuk menyempurnakan performa scroll:

 

Sebaiknya tandai sentuhan Anda dan pemroses peristiwa gulir sebagai `passive` untuk menyempurnakan performa scroll halaman Anda. 

 

Hindari document.write():

Untuk pengguna dengan koneksi lambat, skrip eksternal secara dinamis dimasukkan melalui `document.write()` dapat menunda pemuatan halaman selama puluhan detik.

Elemen gambar tidak memiliki width dan height yang jelas:

Setel lebar dan tinggi yang jelas pada elemen gambar untuk mengurangi pergeseran tata letak dan memperbaiki CLS.

Tayangkan aset statis dengan kebijakan cache yang efisien :

Durasi cache yang panjang dapat mempercepat kunjungan berulang ke halaman Anda.

Minimalkan pekerjaan thread utama :

Sebaiknya kurangi waktu yang dihabiskan untuk mengurai, mengompilasi, dan mengeksekusi JS. Coba kirim payload JS yang lebih kecil untuk membantu mengurangi waktu.

Menghindari ukuran DOM yang berlebihan :

DOM yang berukuran besar akan meningkatkan penggunaan memori, menyebabkan penghitungan gaya yang lebih lama, dan menghasilkan penyesuaian tata letak yang mahal.

Hindari perantaian permintaan penting :

Rantai Permintaan Penting di bawah menampilkan resource apa saja yang dimuat dengan prioritas tinggi. Sebaiknya kurangi panjang rantai, kurangi ukuran download resource, atau tunda download resource yang tidak penting untuk mempercepat pemuatan halaman.

Pertahankan jumlah permintaan tetap rendah dan ukuran transfer tetap kecil :

Untuk mengatur anggaran jumlah dan ukuran resource halaman, tambahkan file budget.json.

Elemen Largest Contentful Paint (LCP) :

Ini adalah elemen contentful terbesar yang di-paint dalam area pandang. 

Hindari peralihan tata letak berukuran besar :

Elemen DOM ini paling banyak berkontribusi untuk CLS halaman.CLS

Hindari tugas thread utama yang berjalan lama :

Mencantumkan tugas yang berjalan paling lama di thread utama, berguna untuk mengidentifikasi kontributor utama penundaan input. 

Menghindari animasi yang tidak digabungkan :

Animasi yang tidak digabungkan dapat tersendat dan menambah CLS

Keunggulan dari website udinus meliputi data sebagai berikut :




 

Kesimpulan:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -10 Notasi Dialog

 Desain dan Notasi Dialog Apakah Dialog itu? Percakapan antara dua pihak atau lebih. Dialog juga dapat mengimplikasikan kerjasama atau sedikitnya keinginan untuk menyelesaikan konflik.  Pada perancangan user interface, dialog memiliki arti lebih spesifik yaitu struktur percakapan antara user dan sistem komputer.  Dialog adalah level sintaksis dari interaksi manusia dan komputer Notasi dialog dapat berupa Diagramatik, mudah dibaca Tekstual, mudah untuk dilakukan analisis formal. Dialog berkaitan dengan Semantik sistem, apa yang dilakukan oleh sistem Presentasi, bagaimana tampilan sistem Deskripsi formal dapat dianalisis terhadap Aksi yang tidak konsisten Aksi yang sulit dikembalikan Item yang hilang Kesalahan dalam memencet tombol Bahasa Komputer Leksikal , merupakan tingkat yang paling rendah : bentuk icon pada layar, tombol yang ditekan.  Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata. Sintaksis , urutan dan struktur dari input dan output. Pada b...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -8 pesan kesalahan

 Presentasi (pesan kesalahan) dan properti leksikal Pesan kesalahan Desain dialog tergantung dari presentasi dan tidak terikat pada detail presentasi dialog. Pembentukan pesan kesalahan atau peringatan, sangat penting dalam user interface, terutama untuk user pemula. Hal-hal yang perlu dihindari pada pembentukan pesan kesalahan : “Tekanan” (suara atau pesan) keras yang menyalahkan user Pesan terlalu  generik (contoh : WHAT?, SYNTAX ERROR) Pesan yang sulit dimengerti (contoh : FAC RJCT 004004400400) Contoh: SYNTAX ERROR (buruk) UNMATCHED LEFT PARENTHESIS (lebih baik) (Tidak sesuai dengan aturan penulisan) ILLEGAL ENTRY (buruk) TYPE FIRST LETTER : Send, Read, or Drop (lebih baik) (Ketikan huruf pertama : Send, Read or Drop) INVALID DATA (buruk) DAYS RANGE FROM 1 TO 31 (lebih baik) (Beri range data misal hari dari 1 – 31) BAD FILE NAME (buruk) FILES NAMES MUST  BEGIN WITH A LETTER (lebih baik) (Nama file harus mulai dari huruf) Buruk :  DISASTROUS STRING OVERFLOW, J...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -5 Ragam Dialog

  Ragam Dialog/Gaya Interaksi Aspek penting dalam dialog adalah gaya interaksi Interaksi merupakan dialog antara manusia dan komputer Ragam Dialog/Gaya Interaksi Command Line Interface Menu’s Natural Language Question/Answer and Query Dialogue Form-Fills and Spreadsheets WIMP Point and Click Three–Dimensional Interfaces Menu Tambahan  Cascading menu hirarkis struktur menu pilihan menu membuka menu baru Keyboard Akselerator kunci kombinasi - efek yang sama dengan menu item dua jenis aktif pada saat menu terbuka - biasanya huruf pertama aktif saat menu ditutup - biasanya Ctrl + huruf biasanya berbeda  Masalah Desain Menu  mana yang baik untuk digunakan apa yang harus disertakan dalam menu kata-kata untuk menggunakan (tindakan atau keterangan) bagaimana ke grup item pilihan keyboard akselerator