Langsung ke konten utama

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -10 Notasi Dialog

 Desain dan Notasi Dialog

Apakah Dialog itu?
Percakapan antara dua pihak atau lebih.
Dialog juga dapat mengimplikasikan kerjasama atau sedikitnya keinginan untuk menyelesaikan konflik. 
Pada perancangan user interface, dialog memiliki arti lebih spesifik yaitu struktur percakapan antara user dan sistem komputer. 

Dialog adalah level sintaksis dari interaksi manusia dan komputer
Notasi dialog dapat berupa
Diagramatik, mudah dibaca
Tekstual, mudah untuk dilakukan analisis formal.
Dialog berkaitan dengan
Semantik sistem, apa yang dilakukan oleh sistem
Presentasi, bagaimana tampilan sistem

Deskripsi formal dapat dianalisis terhadap

Aksi yang tidak konsisten
Aksi yang sulit dikembalikan
Item yang hilang
Kesalahan dalam memencet tombol

Bahasa Komputer

Leksikal, merupakan tingkat yang paling rendah : bentuk icon pada layar, tombol yang ditekan. 
Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata.
Sintaksis, urutan dan struktur dari input dan output. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar/tatabahasa suatu kalimat.
Semantik, arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/ atau dunia eksternal. 
Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari para partisipan dalam percakapan

Dialog dalam user interface. 

Dalam user interface, dialog umumnya dianggap sinonim/ekuivalen dengan tingkatan sintaksis.

Namun batasan antara leksikal dan sintaksis tidak begitu jelas dan pada kenyataannya deskripsi dialog seringkali meliputi sifat-sifat leksikal.

Beberapa karakteristik dalam dialog dengan komputer :
Partisipan harus menyebutkan dialognya dalam urutan tertentu.
Beberapa dialog diantaranya telah ditetapkan sebelumnya.
Beberapa bagian tertentu dari dialog dilakukan secara bersamaan (concurrently).
Umumnya dialog berikutnya tergantung dari respon para partisipan.
Dialog dengan komputer mungkin saja tidak mengakomodasi semua kejadian yang mungkin
Deskripsi dialog biasanya tidak langsung menuju pada arti kata-katanya/semantik tapi pada level sintaksis.

Perancangan Dialog

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan dialog :
Rangkaian dialog menggambarkan struktur tugas.
Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya help system, tutorial sub-system.
Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas.

Prinsip Desain Dialog

Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut modul (module). 

Contoh Prinsip Desain Dialog

Mendesain Sebuah Dialog

Dalam mendesain sebuah dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan. Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut, antara lain :
Agar lebih mudah dianalisa
Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut dapat membantu desainer untuk menganalisis struktur dialog yang diajukan, bahkan desainer juga dapat menggunakan prototyping tool untuk menguji dialog.
Notasi dialog dapat digunakan sebagai salah satu cara bagi anggota tim perancangan untuk mendiskusikan rancangan dialog dan pada akhirnya diberikan kepada programmer aplikasi.


Dialog  manusia yang terstruktur

manusia-komputer dialog yang sangat terbatas
beberapa dialog manusia-manusia terlalu formal

Minister:  do you man’s name take this woman …
Man:   I do
Minister: do you woman’s name take this man …
Woman:  I do
Man:  With this ring I thee wed (places ring on womans finger) 
Woman:  With this ring I thee wed (places ring ..) 
Minister:  I now pronounce you man and wife




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -8 pesan kesalahan

 Presentasi (pesan kesalahan) dan properti leksikal Pesan kesalahan Desain dialog tergantung dari presentasi dan tidak terikat pada detail presentasi dialog. Pembentukan pesan kesalahan atau peringatan, sangat penting dalam user interface, terutama untuk user pemula. Hal-hal yang perlu dihindari pada pembentukan pesan kesalahan : “Tekanan” (suara atau pesan) keras yang menyalahkan user Pesan terlalu  generik (contoh : WHAT?, SYNTAX ERROR) Pesan yang sulit dimengerti (contoh : FAC RJCT 004004400400) Contoh: SYNTAX ERROR (buruk) UNMATCHED LEFT PARENTHESIS (lebih baik) (Tidak sesuai dengan aturan penulisan) ILLEGAL ENTRY (buruk) TYPE FIRST LETTER : Send, Read, or Drop (lebih baik) (Ketikan huruf pertama : Send, Read or Drop) INVALID DATA (buruk) DAYS RANGE FROM 1 TO 31 (lebih baik) (Beri range data misal hari dari 1 – 31) BAD FILE NAME (buruk) FILES NAMES MUST  BEGIN WITH A LETTER (lebih baik) (Nama file harus mulai dari huruf) Buruk :  DISASTROUS STRING OVERFLOW, J...

Rangkuman Materi Hci Pertemuan ke -6 Daya Guna

 Daya Guna adalah :  tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakannya (ISO, 1998). Daya guna merupakan salah satu faktor yang digunakan untuk mengukur sejauh mana penerimaan pengguna terhadap sistem Ukuran daya guna suatu sistem adalah sesuatu yang subyektif-mendasar. Prinsip Yang Mempengaruhi Daya Guna Learnability : Kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif  Flexibility : Menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi Robustness : Tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan (goal) yang diinginkan. ATRIBUT daya guna (ISO 1998) terdiri dari: EFEKTIVITAS : ketelitian dan kelengkapan dimana user mencapai tujuan  EFISIENSI :sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user KEPUASAN :bebas dari ketidak-nyamanan dan sikap positif dalam menggunakan produk. Metod...